Jumat, 29 Agustus 2014

Teori Sastra dan Kegunaannya

  




     Teori sastra, apa itu teori sastra.,? nah., sebelum kita beranjak lebih jauh alangkah baiknya kita cari tau apa itu sastra dan kapan sastra ada ?? menurut wikipedia sastra adalah kata serapan dari bahasa Sanskerta yaitu śāstra, yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar śās- yang berarti "instruksi" atau "ajaran". Dalam bahasa Indonesia kata di atas biasa digunakan untuk merujuk kepada "kesusastraan" atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu. itulah pengertian sastra menurut wikipedia, biar lebih lengkap saya juga akan mendefinisikannya, ya seperti yang saya katakan sebagai pelengkap langsung saja kalau menurut saya sastra adalah ungkapan lisan ataupun tulisan yang mengandung nilai-nilai estetik ataupun yang mengandung nilai nilai keindahan, baiklah sekarang kita beralaih ke pertanyaan yang kedua kapan sastra itu ada ?? berdasarkan sumber yang ada Usia sastra sudah cukup tua. Cikal bakalnya muncuk ketika zaman filosof Yunani, yaitu semenjak Aristoteles, menulis karyanya yang berjudul Poetika lebih dari 2000 tahun lalu. Di dalam buku itu Aristoteles mengemukakan teori sastra mengenai drama tragedi yang dalam sastra Yunani Klasik ditulis dalam bentuk puisi. Dalam sastra barat modern,  Hudson menyebutnya dengan istilah to study of literature, dan oleh Rene Wellek memakai istilah theory of literature. hehehe itulah pengertian sastra dan kemunculannya,.baiklah sekarang kita akan memasuki kedalam permasalahan kita yaitu mencari tau apa itu teori sastra

      Teori sastra ialah cabang ilmu sastra yang mempelajari teori kesusastraan, yang meliputi latar belakang sastra, istilah-istilah sastra, konsep sastra, prinsip-prinsip umum sastra, komposisi, genre, pendekatan, dan sebagainya.. Secara umum yang dimaksud dengan teori adalah suatu sistem ilmiah atau pengetahuan sistematik yang menerapkan pola pengaturan hubungan antara gejala-gejala yang diamati. Teori berisi konsep/ uraian tentang hukum-hukum umum suatu objek ilmu pengetahuan dari suatu titik pandang tertentu. Suatu teori dapat dideduksi secara logis dan dicek kebenarannya, atau dibantah kebenarannya pada objek atau gejala-gejala yang diamati tersebut. dari tulisan saya di atas saya harap kita semua dapat tau apa itu teori sastra. baiklah sekarang kita akan beralih ke jenjang yang lebih tinggi yaitu apa kegunaan kita mempelajari teori sastra.?

     Teori sastra itu akan saya ibaratkan sebuah pisau bedah ya pisau bedah, kalau dalam dunia kedokteran digunakan untuk membedah anggota tubuh dari makhluk hidup baik manusia ataupun binatang, kalau dalam dunia kedokteran bahasa opps maksud saya dunia bahasa dan sastra, pisau bedah ataupun teori sastra akan bergunakan untuk membedah unsur unsur yang terkandung dalam karya sastra , untuk lebih jelasnya teori sastra berguna untuk menjelaskan prinsip-prinsip tentang konsep atau kaedah kaedah sastra. itulah sedikit paparan mengenai teori sastra dan kegunaannya insya Allah di lain waktu akan saya paparkan jenis jenis teori sastra :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah dengan kata2 yang baik dan sopan

About Me

Popular Posts

Designed By Seo Blogger Templates Published.. Blogger Templates